Download Kitab Sunan Abi Dawud Pdf

label
SUNAN ABI DAWUD
Gudang Kutub - Selain dari kitab hadits karya Imam Bukhari (Sahih Bukhari) dan kitab karya Imam Muslim (Sahih Muslim), kitab hadits yang menjadi rujukan para ulama sunni antara lain ialah Kitab Sunan Abi Dawud. Kitab hadits ini, memuat hadits yang lebih banyak membicarakan tentang hukum-hukum fiqh yang sistematis.

Imam Abu Dawud, sebagai pengarang kitab hadits dan lebih dikenal dengan sebutan Sunan Abu Dawud, mempunyai nama lengkap Sulaiman bin Al-Asy’ats bin Ishak bin Basyir bin Syihab bin Amar bin ‘Amran Al-Azdi As-Sijistani. Imam Abu Dawud dilahirkan pada tahun 202 H di Sijistan dan wafat pada tanggal 14 Syawal  275 H dalam usia 73 tahun.

Kitab Sunan Abu Dawud adalah karya Imam Abu Dawud yang mempunyai nilai standarisasi kitab hadits yang baik, setelah kitab karya Imam Bukhari dan Imam Muslim. Di dalam kitab Sunan Abu Dawud terdapat beberapa bab dengan hadits yang tertulis (tercatat) dalam kitab tersebut sebanyak 4.800 hadits pilihan dari hafalan hadits Imam Abu Dawud sebanyak 500.000. Imam Abu Dawud termasuk sosok yang sangat cerdas. Kecerdasannya tampak, ketika beliau membaca sebuah isi kitab satu kali dan langsung menghafalnya.

Imam Abu Dawud mempunyai banyak karya, diantaranya ialah Al-Maros, Masail Al-Imam Ahmad, An-Nasikh Wa Mansukh, Risalah Fi Washfi Kitab Al-Sunan, Al-Zuhd, Ijabat An-Sawalat Al-Ajuri, Asilah An-Ahmad Bin Hanbal, Tasmiyat Al-Akhwan, Kaul Qadr, Sunan Abu Dawud. Namun kitab yang paling terkenal, diantara karya Imam Abu Dawud ialah kitab Sunan Abu Dawud.

Dalam perjalanan Imam Abu Dawud dalam menimba ilmu, beliau mempunyai banyak guru, di antaranya ialah Imam Ahmad bin Hambal, Al-Qanaby, Sulaiman bin Harb, Abu Amr Adh-Dhariri, Abu Walid Ath-Thayalisi, Abu Zakariya Yahya bin Ma’in, Abu Khaitsama, Zuhair bin Harb, Ad-Darimi, abu Ustman Said Al-Manshur, Ibnu Abi Syaibah. Dan beliaupun juga mempunyai banyak murid, di antaranya ialah Imam Turmudzi, Imam Nasa'I, Abu Ubaid Al Ajury, Abu Thoyib Ahmad bin Ibrohim Al Baghdady, Abu `Amr Ahmad bin Ali Al Bashry, Abu Bakr Ahmad bin Muhammad Al Khollal Al Faqih, Isma`il bin Muhammad Ash Shofar, Abu Bakr bin Abi Dawud, Zakariya bin Yahya As Saajy, Abu Bakr Ibnu Abid Dunya, Ahmad bin Sulaiman An-Najjar, Ali bin Hasan bin Al `Abd Al Anshary, Muhammad bin Bakr bin Daasah At Tammaar, Abu `Ali Muhammad bin Ahmad Al Lu`lu`y, Muhammad bin Ahmad bin Ya`qub Al Matutsy Al Bashry dan lain-lainnya.

Di dalam penulisan kitab Sunan Abu Dawud, Imam Abu Dawud melanglang buana keberbagai Negara seperti Hijaz, Syam, Mesir, Irak, Jazirah Sagar, Khurasan, dan Negara lainnya. Pengembaraannya ke beberapa Negara itu mendapatkan hadits sebanyak-banyaknya, kemudian hadits itu disaring lalu ditulis, sehingga menjadi kitab Sunan Abu Dawud.

Salah satu komentar tentang kualitas kitab Sunan Abu Dawud ialah saat Imam Nawawi berkomentar, “sekiranya orang-orang yang mengajarkan fiqh maupun yang lainnya, berdasarkan ajaran yang terkadang dalam Sunan Abu Dawud yang telah dikuasainya secara sempurna, hal itu tentu saja sangat menolong perkembangan pemikiran umat. Hal ini karena dalam kitab ini, sebagian besar  hadisnya dapat dijadikan hujjah, mudah diambil dan diringkas penjelasannya. Penulisnya termasuk orang pintar dan cermat, sehingga tergambar dalam karya ini suatu penulisan kitab hadis yang sistematis, sesuai dengan kebutuhan umat.”


Demikianlah sekilas tentang kitab Sunan Abu Dawud dan biografi singkat pengarangnnya, Imam Abu Dawud. Semoga bermanfaat. Amin

Silakan di download....

DOWNLOAD DISINI

Semoga bermanfaat. Amin
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon