Download Kitab Sahih Muslim Pdf

label

SAHIH MUSLIM
Gudang Kutub - Di dalam dunia hadits, ada dua Imam besar yang sangat termasyhur (terkenal), karena hadist yang dikarangnya. Yang pertama, adalah Imam Bukhari dan yang kedua adalah Imam Muslim. Imam Bukhari, terkenal dengan karangan kitab haditsnya, yaitu Kitab Al-Jami' As-Shahih atau lebih dikenal dengan sebutan Sahih Bukhari. Sedangkan Imam Muslim, dikenal karangan kitab haditsnya, yaitu kitab Sahih Muslim.

Imam Muslim, yang mempunyai nama lengkap Imam Abu Al-Husain Muslim bin Al-Hajjaj bin Muslim bin Kausyaz Al-Qusyairi An-Naisaburi. Imam Muslim lahir di Naisabur pada tahun 202 H (817 M) dan wafat pada tanggal 25 Rajab 261 H. Naisabur sendiri, saat ini berada di wilayah Rusia. Pada waktu itu, ketika masa Dinasti Samanid. Naisabur merupakan senter pemerintahan dan perdagangan, kurang lebih, selama 150 tahun. Bukhara (tempat kelahiran Imam Bukhari) dan juga Naisabur adalah salah satu tempat yang terkenal dengan keilmuan dan pusat peradaban di kawasan Asia Tengah.

Imam Muslim, di saat mempelajari hadits, pada waktu itu, umurnya 15 tahun. Imam Muslim termasuk murid dari Imam Bukhari. Karena kecintaan Imam Muslim terhadap hadits, beliau melanglang buana keberbagai Negara. Diantara Negara yang pernah disinggahi dalam belajar hadits, yaitu Hijaz (Iraq), Mesir, Siria dan terakhir di Baghdad. Di antara guru-guru Imam Muslim ialah, Yahya bin Yahya, Ishaq bin Rawaih, Muhammad bin Mahran, Abu Gasun, Ahmad bin Hambal, Sa’id bin Mansur, Abu Mas’ab, Amir bin Suwab, Marmalah bin Yahya, Imam Bukhari dan masih banyak guru-guru hadits Imam Muslim yang tidak bias disebutkan semuanya.

Ketika Imam Muslim mengarang kitab Sahihnya. Beliau menghimpun matan- matan hadits yang senada atau satu tema lengkap dengan sanad-sanadnya pada suatu tempat, tidak memotong atau memisah-misahkannya dalam beberapa bab yang berbeda, serta tidak mengulang penyebutan hadits kecuali dalam jumlah sedikit karena adanya kepentingan yang mendesak, yang menghendaki pengulangan, seperti untuk menambahkan manfaat pada sanad atau matan hadits. Bentuk penyusunan Sahih Muslim adalah berbentuk Mushannaf, yaitu penyajian berdasarkan bab-bab masalah tertentu sebagaimana metode kitab-kitab fikih, akidah, akhlak, sejarah, dan tafsir.

Dalam penyusunan kitab Sahih Muslim, beliau menyeleksi sekitar 300.000 hadits. Imam Muslim berkata, “kitab sahih ini, kusaring dari 300.000 hadits”. Beliau sangat teliti dan hati-hati terhadap hadits yang diriwayatkan dalam kitab haditsnya. Beliau berkata dalam sahihnya, “Tidak setiap hadits yang kuanggap sahih kucantumkan disini (sahihnya), tetapi kucantumkan hanya hadits-hadits yang telah disepakati oleh ulama hadits".

Menurut para ulama hadits, kitab hadits Sahih Muslim memiliki banyak kelebihan. (1) Susunan isinya sangat tertib dan sistematis. (2) Pemilihan redaksi haditsnya sangat teliti dan cermat. (3) Seleksi dan akuransi sanadnya sangat teliti, tidak tertukar-tukar, dan tidak lebih dan tidak kurang. Dan (4) Penempatan dan pengelompokan hadits-hadits kedalam tema atau  tempat tertentu. Sehingga sedikit sekali terjadi pengulangan penyebutan hadits.

Imam Muslim meninggalkan karya tulis yang tidak sedikit jumlahnya, di antaranya :
  1. Al-Jami` ash-Shahih atau lebih dikenal sebagai Sahih Muslim
  2. Al-Musnad al-Kabir (kitab yang menerangkan nama-nama para perawi hadis)
  3. Kitab al-Asma wal-Kuna
  4. Kitab al-Ilal
  5.  Kitab al-Aqran
  6. Kitab Su`alatihi Ahmad bin Hambal
  7. Kitab al-Intifa` bi Uhubis-Siba`
  8. Kitab al-Muhadramin
  9. Kitab Man Laisa Lahu illa Rawin Wahid
  10. Kitab Auladish-Shahabah
  11. Kitab Auhamil-Muhadditsin

Demikianlah sekilas tentang profil Imam Muslim, pengarang kitab Sahih Muslim.

Silakan klik di bawah ini.

DOWNLOAD DISINI

Semoga bermanfaat. Amin
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon