Download Kitab Al-Jami' As-Sahih Al-Bukhari Pdf

label
SAHIH BUKHARI
Gudang Kutub - Sebelum Anda mendownload Kitab Al-Jami' As-Sahih karya sang legendaris Al-Imam Al-'Allamah, Abu 'Abdullah Muhammad bin Ismail bin Al Mughirah bin Bardizbah Al Bukhari Al Ju’fi. Yang kelak dikenal (disebut) dengan sebutan Imam Bukhari,

Setidaknya Anda harus mengenal sosok Imam Bukhari. Siapakah beliau, Imam Bukhari?. Beliau (Imam Bukhari) lahir di desa Bukhara pada hari jumat, tepatnya setelah salat jumat 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M). Kakeknya bernama Bardizbah adalah seorang keturunan persi yang masih memeluk agama Zoroaster. Tetapi ayahnya, Al-Mughirah adalah sosok yang telah memeluk Islam dibawah asuhan Al-Yaman Al-Ja'fiy.

Kehidupan Imam Bukhari semasa kecil penuh dengan keprihatinan. Sejak kecil beliau sudah ditinggal ayahandanya (yatim). Selain itu, beliau termasuk anak yang semenjak lahir (selang beberapa waktu) dalam kondisi kebutaan. Namun karena kegigihan seorang ibu yang senantiasa medoakan Imam Bukhari. Akhirnya, dengan seizin Allah SWT. Imam Bukhari sembuh total dimasa umur 10 tahun.

Imam Bukhari termasuk ahli hadits yang terkemuka dan masyhur di kalangan para muhadditsin, seperti Imam Muslim, Imam Ahmad, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, Ibnu Majah dan ahli hadits lainnya. Bahkan hadits-hadits Imam Bukhari termasuk kategori hadits yang sahih fi sanad dan fi matan atau memiliki hadits yang unggul derajatnya . Sehingga beliau mendapat julukan sebagai Amiru Al-Mukminin fi Al-Hadits (pemimpin kaum mukmin dalam kategori hadits). Oleh karena itu, hingga saat ini, kitab karya Imam Bukhari menjadi referensi atau rujukan dalam Agama Islam.

Karya Imam Bukhari, antara lain adalah kitab Al-Adab al Mufrad, At Tharikh as Shaghir, At Tarikh Al Awsat, At Tarikh al Kabir, At Tafsir Al Kabir, Al Musnad al Kabir, Kitab al ‘Ilal, Raf’ul Yadain fis Salah, Birrul Walidain, Kitab Ad Du’afa, Asami As Sahabah dan Al Hibah. Diantara semua karyanya tersebut, yang paling monumental adalah kitab Al-Jami’ As-Sahih yang lebih dikenal dengan nama Sahih Bukhari. Namun kitab yang pertama kali dikarang oleh Imam Bukhari ialah kitab Qudhaya as Shahabah wat Tabiin, yang menjelaskan tentang peristiwa-peristiwa hukum di masa sahabat dan tabiin. Kitab yang pertama kali dikarang oleh beliau, disaat beliau masih berusia 18 tahun. Tidak kalah terkenalnya, beliau juga mengarang kitab At-Tarikh, disaat beliau menginjak usia 22 tahun. Pada waktu itu, beliau menunaikan ibadah haji ke tanah suci bersama ibunda dan kakaknya, yaitu Imam Ahmad. Disaat kondisi seperti itulah beliau menyempatkan mengarang kitab yang monumental itu, yakni At-Tarikh. Dan beliapun berkata, “saya mengarang kitab At-Tarikh di samping makam Nabi Muhammad SAW, di malam hari pada bulan purnama”.

Demikianlah sekilas tentang kitab Al-Jami’ As-Sahih atau dikenal dengan sebutan Sahih Bukhari dan pengarangnya, Imam Bukhari.


Semoga bermanfaat. Amin
Share This :

Related Post

avatar

barakallah mas umar.
link juz 2nya tidak bisa di download

delete March 7, 2019 at 11:19 PM



sentiment_satisfied Emoticon