Download Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist Pdf

label
Gudang Kutub – Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist adalah kitab karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki yang fokus pada pembahasan tentang kaidah-kaidah dasar tentang hadist.

Kitab Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist ini, dianjuran bagi pemula yang ingin memahami hadits. Karena sajian dari pembahasan kitab ini, disajikan oleh Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki dengan cara yang mudah dipahami.
AL-QAWAID AL-ASASIYAH FI ILM MUSTHALAH AL-HADITS
Kenapa harus belajar Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadits?. Karena bagi siapapun yang ingin memahami hadits Rasulillah SAW. Maka terlebih dahulu, harus memahami kaidah-kaidah dasar yang berkaitan dengan hadits Rasulillah SAW.

Di dalam pembahasan kitab ini, akan memberi gambaran tentang disiplin ilmu kaidah-kaidah dasar hadits. Seperti, apakah Ilmu hadist (hadist riwayah dan hadits dirayah), apakah hadits qudshi, bagaimana cara membedakan macam-macam hadits (shahih, hasan, dhaif, marfu’ dll) dan pembahasan yang lain, berkaitan tentang hadist?.

Jadi, Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist, adalah langkah awal untuk memahami sebuah matan (teks) dan sanad (periwayat) hadits Nabi Muhammad SAW. Misalnya, hadits yang terdapat di kitab Shahih Bukhari, Shahih Muslim, Sunan Abi Dawud, Sunan Tirmidzi, Sunan Nasai dan Sunan Ibnu Majah (Kutub As-Shittah).

Lalu, apakah cuma kitab Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist, karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki saja?. Tentunya tidak. Masih banyak kitab yang membahas kaidah-kaidah hadist. Seperti kitab Taishir Musthalah Al-Hadits (karya Dr. Mahmud At-Thahhan) dan kitab-kitab yang membahas kaidah-kaidah dasar hadits yang lain.

Kitab karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki ini, hanya dianjurkan (rekomendasi) bagi pemula, yang belum tahu tentang kaidah-kaidah hadits. Seperti diajrakan di Pesantren (tingkat dasar), Madrasah atau tempat pengajian yang lainnya. Agar pemula yang ingin mendalami ilmu hadits, mudah memahaminya dengan bahasa yang sesuai dengan pemula.

Begitulah kira-kira, gambaran yang ada di kitab karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki, Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ilm Musthalah Al-Hadist.

Link download, silakan di klik DOWNLOAD DISINI
Semoga bermanfaat. Amin


                   Al-Qawaid Al-Asasiyah Fi Ushul Al-Fikih

Tag : Hadits
Share This :

Related Post



sentiment_satisfied Emoticon